Posted on

Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Seseorang

success concept

1. Tujuan Pasti

Orang-orang sukses pasti memiliki ide, visi, mimpi, imajinasi, atau tujuan pasti tang dapat dirunut kebelakang, jauh sebelum orang yang bersangkutan mencapai kesuksesan. Warren Buffet telah mempunyai keinginan kuat untuk bermain saham sejak sebelum ia masuk perguruan tinggi. Bahkan ia memilih universian tertentu agar dapat bertemu dan mengambil mata kuliah yang diasuh oleh penulis buku yang dikaguminya. Bill Gates pun telah memimpikan “komputer meja (desktop) disetiap rumah tangga (home computer)”, padahal saat itu komputer hanya dimiliki oleh perusahaan-perusahaan dan instansi pemerintah. Hal itu berlangsung sebelum ia dapat merealisasikan idenya. Kini, Anda telah terbiasa dengan laptop, notebook yang berukuran semakin kecil dan ringan. Orang sering menyebut tujuan pasti itu sebagai imajinasi, ide atau gagasan. Henry Ford, saat berusia sembilan tahun, juga telah memimpikan untuk membuat kereta yang tidak ditarik oleh kuda, tetapi dijalankan oleh mesin.

Penulis mengibaratkan Anda sebagai nahkoda bahtera kehidupan Anda sendiri. Bila nahkoda tidak mempunyai tujuan yang ingin dicapai saat ia mengemudikan kapal atau bahteranya, maka ia akan dipermainkan oleh gelombang dan tidak akan sampai kemana pun. Itu terjadi karena sang nahkoda tidak punya tujuan. Namun, bila nahkoda mempunyai tujuan yang pasti saat mengemudikan bahteranya, maka kemungkinan besar ia akan berhasil mencapai dermaga yang ditujunya atau paling tidak sampai ke dermaga yang mendekati dermaga tujuannya.

Dewa Ruci-1

Contoh lain, penulis mempunyai seorang sahabat yang mengataan bahwa hidupnya mengalir mengikuti arus. Mungkin, hal itu disebabkan ia belum tahu adanya “sindrom niagara” yaitu bila Anda mengikuti arus atau sungai ke hilir, tanpa Anda sadari, akhirnya Anda mengarah memasuki jeram atau malah air terjun tertinggi di dunia, yaitu Niagara, yang akan membawa Anda “terjun bebas”. Maksud dari “sindrom niagara” adalah Anda bisa saja tanpa terduga, mengalami musibah tanpa persiapan atau tanpa Anda sadari sebelumnya. Penulis sendiri mempunyai pendapat lain, bahwa hidup ini merupakan perjalanan, sehingga Anda harus merencanakannya, mempunyai tujuan pasti yang hendak dicapai, serta menyiapkan bekal untuk perjalanan mencapainya. Oleh karena itu, pastikan Anda memiliki tujuan hidup. Seperti kata Bung Karno, presiden pertama Indonesia: “Gantungkan cita-citamu setinggi langit!”

Pendek kata, Anda harus tahu apa yang anda inginkan, idamkan, impikan, atau cita-citakan, serta tetap berpegang teguh, punya komitmen kuat, hasrat berkobar, dan tekad membara pada tujuan tersebut, sehingga menjadi obsesi (Anda dapa mengerahkan segala daya upaya untuk mencapai atau mewujudkannya). Tujuan atau sasaran yang baik mempunyai ciri SMART, yaitu Specific Measurable Achievable Realistic dan Timebond.

Semua temuan baru, bahkan perkembangan peradaban manusia pada awalnya sangat dipengaruhi oleh visi, imajinasi dan mimpi manusia yang akhirnya terealisasi menjadi perangkat/temuan baru yang Anda gunakan saat ini. Kini Anda bepergian menggunakan motor & mobil, berkomunikasi menggunakan handphone, serta mencari informasi dengan internet. Inilah kehebatan manusia, menciptakan sesuatu yang sebelumnya belum ada atau pun ada di dalam imajinasi.

Lanjut ke Faktor Kedua Tekad Membara.

Sumber referensi: Think and Grow Rich – Napoleon Hill

Baca juga APAKAH ANDA SIAP MENJADI KAYA

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s