Posted on

MODAL UTAMA KESUKSESAN

sugih

Lanjut dari tulisan sebelumnya APAKAH ANDA SIAP MENJADI KAYA, kali ini admin akan menulis tentang Modal Utama Kesuksesan. Referensinya sama, dari buku yang di tulis oleh Pak Budi Raharjo. Mangga disimak…

A. Modal Utama Kesuksesan

Ternyata orang yang sukses dalam satu bidang tertentu, belum tentu sukses di bidang yang lain. Seperti telah dicontohkan sebelumnya, orang yang berhasil dalam olahragawan atau bintang film, ternyata bisa jatuh miskin atau tidak sukses dalam mengelola uangnya. namun demikian, ada benang merah yang berkaitan dalam meraih kesuksesan, yang semuanya berkenaan dengan softskill yang lebih berkaitan dengan sikap mental (mental attitude) sebagai modal dasar fondasi. Diatas fondasi tersebut, hardskill yang berkaitan dengan pengetahuan (knowledge) dan keterampilan (skill) dapat dibangun. Sering kali Anda terjebak pada ukuran kelulusan pendidikan tinggi yang mencerminkan pengetahuan dan keterampilan seseorang. Namun ternyata tidak semua orang yang berpendidikan tinggi meraih kesuksesan karena pengetahuan dan keterampilanyang dimilikinya tidak dapat sepenuhnya diaplikasikan dalam kehidupannya sehari-hari.  Bahkan orang yang tidak berhasil menyelesaikan pendidikan justru menjalankan bisnisnya dengan sukses. Contoh yang banyak disajikan adalah Bill Gates, pemilik Microsoft. Hal ini dapat menimbulkan persepsi yang salah, yaitu bahwa untuk menjadi kaya Anda tidak perlu bersekolah atau mengenyam pendidikan tinggi. Seperti buku yang ditulis oleh Robert T. Kiyosaki berjudul If You Want to Be Rich & Happy, Don’t Go to School. Kebetulan ia sendiri bukan lulusan perguruan tinggi.

Pada tahun 2008 kekayaan Bill Gates dapat dikalahkan oleh Warren Buffet, seorang investor sekuritas; surat berharga, baik saham maupun obligasi, atau surat berharga lain, yang telah menjadi orang terkaya di dunia (2008) sebelum digeser lagi oleh Bill Gates. Beliau (Warren Buffet) merupakan lulusan perguruan tinggi dan belajar mengenai saham sebelum duduk di bangku kuliah. Oleh karena ia sangat terkesan dengan buku Intelligent Investor yang ditulis oleh Benyamin Graham, maka ia masuk ke universitas tempat Graham menjadi pengajar, sehingga Warren dapat langsung belajar darinya. Bahkan, setelah lulus pun ian melamar di perusahaan sekuritas milik Graham.

warren

Penulis hanya ingin memberikan ontoh riil, sehingga ada keseimbangan. Anda tidak perlu serta merta terpengaruh dan menyimpulkan bahwa untuk menjadi kaya, Anda tidak perlu bersekolah.

Setelah melakukan penelitian selama 15 tahun terhadap orang-orang sukses pada zamannya, baik pelaku bisnis maupun non-pelaku bisnis, Napoleon Hill berhasil menuangkan hasil penelitiannya ke dalam buku berjudul Think and Grow Rich. Dalam buku tersebut, temuannya yang berupa faktor-faktor kesuksesan seseorang yang banyak berhubungan dengan softskill, dikemukakan. Faktor-faktor Tersebut antara lain sebagai berikut:

1. Tujuan Pasti

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s