Posted on

Gempa Pakistan Munculkan Pulau Baru

pulau baru

ISLAMABAD – Gempa berkekuatan 7,7 skala richter yang melanda Pakistan 24 September lalu menyebabkan munculnya sebuah pulau baru di daerah garis pantai Laut Arab. Pulau baru tersebut muncul sekira 600 meter dari pantai.

Pulau baru akibat gempa itu memiliki lebar 30 meter dan ketinggian permukaan tanah sekira 6-12 meter. Dugaan awal pembentukan pulau tersebut, menurut para peneliti, dikarenakan oleh badai yang menerjang. Kendati demikian, tim peneliti tengah sibuk mencari tahu pembentukan pulau baru ini lebih spesifik.

Namun berdasarkan fakta yang ada di lapangan menunjukkan pulau tersebut bukanlah longsoran tanah, melainkan gunungan lumpur. “Deskripsi tentang pulau, dan jarak dengan pusat gempa membuktikan ini adalah gunung lumpur,” kata Michael Manga, ahli geologi dari University of California, sebagaimana dikutip dari Softpedia, Jumat (27/9/2013).

Adanya beberapa gunungan lumpur lain yang tak jauh dari pulau baru ini semakin menguatkan bahwa itu hanyalah gunung lumpur. Beberapa gunungan lain sudah ada sejak 2001 silam ketika terjadi gempa pada di Pakistan. Oleh karena itu peneliti memprediksi ini merupakan hal yang sama seperti yang terjadi pada 2001 lalu.

Seperti dikutip dari Livescience, hal yang menyebabkan kemunculan gunung lumpur karena adanya getaran dahsyat yang membuat permukaan tanah yang ada di bawah laut menyeruak ke permukaan air. (okezone.com)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s